Buku Bahasa Indonesia Sebagai Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian
Judul: Bahasa Indonesia Sebagai Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian
Penulis: Yohanes Sehandi
Penerbit: Gita Kasih, Kupang
Cetakan 1: 2010
Tebal: viii + 154 halaman
ISBN: 978-979-3748-83-2
Harga Buku Cetak: Rp 50.000
(+ Ongkos Kirim)
Harga Buku PDF: Rp 25.000
(Buku Dikirim Lewat WA)
Berminat Hubungi WA: 081 339 004 021
Rekening BNI Nomor 0496601959
Atas Nama: Sehandi Yohanes
Pengantar Penulis
Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa di perguruan tinggi yang mengikuti mata kuliah Bahasa Indonesia. Sebagai mata kuliah wajib di semua perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta, para mahasiswa memerlukan buku pegangan guna mengikuti mata kuliah ini dengan baik. Memang diakui bahwa cukup banyak juga buku pegangan mata kuliah Bahasa Indonesia yang sudah beredar lama, hanya saja acuan buku-buku itu pada kurikulum lama, yang pada kurikulum lama itu mata kuliah Bahasa Indonesia statusnya sebagai mata kuliah dasar umum (MKDU).
Dalam perkembangannya, status mata kuliah ini berubah, tidak lagi sebagai MKDU tetapi sebagai mata kuliah pengembangan kepribadian (MPK). Perubahan status ini berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor 43/Dikti/Kep/2006 tentang Rambu-Rambu Pelaksanaan Kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi.
Berdasarkan keputusan ini, mata kuliah yang masuk dalam kelompok MPK adalah Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, dan Pendidikan Kewarganegaraan. Keluarnya keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi ini sebagai penjabaran atau tindak lanjut Keputusan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) RI Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.
Karena terjadi perubahan regulasi berdasarkan dua keputusan di atas, maka kebutuhan mendesak yang harus ditangani adalah menyiapkan buku ajar sebagai buku acuan/pegangan para mahasiswa yang penyusunannya bertolak dari dua keputusan tersebut di atas. Terbitnya buku ini sebagai salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa tersebut.
Sesuai dengan Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor 43/Dikti/Kep/2006 di atas, substansi kajian mata kuliah Bahasa Indonesia ditekankan pada keterampilan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dengan keterampilan menulis akademik sebagai fokus. Bertolak dari substansi kajian ini, buku ini disusun sebagai salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut, yakni agar para mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini terampil menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam penulisan akademik atau penyusunan karya tulis, terutama karya tulis ilmiah.
Untuk mencapai tujuan dimaksud, buku ini dibagi dalam sepuluh bab, berturut-turut judul babnya adalah: (I) Pengantar Mata Kuliah; (II) Perkembangan Bahasa Indonesia; (III) Penggunaan Ejaan; (IV) Penggunaan Kata; (V) Penggunaan Kalimat; (VI) Penyusunan Paragraf; (VII) Penyusunan Kutipan; (VIII) Penyusunan Catatan Kaki; (IX) Penyusunan Daftar Pustaka; dan (X) Makalah, Ringkasan, dan Resensi.
Besar harapan kiranya buku ini mendapat sambutan para mahasiswa yang memanfaatkan buku ini. Usul saran perbaikan dari para mahasiswa dan dosen pengasuh mata kuliah ini serta dari berbagai pihak, diterima dengan senang hati. Terima kasih kepada berbagai pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu, yang telah memberi dorongan yang berharga dalam penulisan buku ini. Terima kasih kepada para mantan mahasiswa yang ikut memberi bobot tersendiri dalam buku ini lewat partisipasi dan proaktif dalam proses perkuliahan. *
Ende, Flores, 10 September 2010.
Yohanes Sehandi
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
BAB I PENGANTAR MATA KULIAH
A. Bahasa Indonesia Sebagai MPK
B. Tujuan Mata Kuliah
C. Materi Mata Kuliah (Silabus)
D. Metode Kuliah dan Evaluasi
E. Faktor Penunjang
BAB II PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA
A. Masa Awal Sampai 1900
B. Masa 1900 Sampai 1928
C. Masa 1928 Sampai 1945
D. Masa 1945 Sampai Saat Ini
E. Kedudukan dan Fungsi
F. Sebagai Bahasa Nasional
G. Sebagai Bahasa Negara
BAB III PENGGUNAAN EJAAN
A. Ejaan Sebagai Dasar
B. Ejaan yang Berlaku
C. Latihan Penggunaan Ejaan
BAB IV PENGGUNAAN KATA
A. Pengertian
B. Ketepatan dan Kesesuaian
C. Kaidah Makna
D. Kaidah Kalimat
E. Kaidah Sosial
F. Kaidah Karang-Mengarang
G. Sejumlah Hal Praktis
BAB V PENGGUNAAN KALIMAT
A. Pengertian
B. Kalimat Efektif
C. Kesatuan Gagasan
D. Kepaduan
F. Kesejajaran
G. Penekanan
H. Kehematan
I. Kelogisan
J. Kevariasian
K. Syarat-Syarat Lain
L. Contoh-Contoh Kesalahan
M. Latihan Memperbaiki Kalimat
BAB VI PENYUSUNAN PARAGRAF
A. Pengertian
B. Syarat-Syarat Paragraf
C. Jenis-Jenis Paragraf
D. Mengembangkan Paragraf
BAB VII PENYUSUNAN KUTIPAN
A. Pengertian
B. Kutipan Tidak Langsung
C. Kutipan Langsung
D. Kutipan pada Catatan Kaki
E. Kutipan Atas Ucapan Lisan
F. Variasi Menyusun Kutipan
BAB VIII PENYUSUNAN CATATAN KAKI
A. Pengertian
B. Unsur-Unsur Catatan Kaki
C. Jenis-Jenis Catatan Kaki
D. Beberapa Singkatan
BAB IX PENYUSUNAN DAFTAR PUSTAKA
A. Pengertian
B. Relevansi dengan Isi
C. Unsur-Unsur Penting
D. Contoh Daftar Pustaka
E. Model Daftar Pustaka
BAB X MAKALAH, RINGKASAN, DAN RESENSI
A. Makalah
B. Ringkasan
C. Resensi
DAFTAR PUSTAKA
Post a Comment for "Buku Bahasa Indonesia Sebagai Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian"