Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Antara Nol dan Kosong

Nol dan kosong adalah dua kata dalam bahasa Indonesia yang sudah akrab dengan lidah dan telinga kita. Akrab dengan lidah karena kita sering mengucapkannya. Akrab dengan telinga karena kita sering mendengarnya dari orang lain. Meski akrab dengan lidah dan telinga kita, pemakaian kata nol dan kosong ini sering keliru, bahkan tumpang-tindih dan kacau-balau. Yang seharusnya disebut nol, disebut kosong. Yang seharusnya disebut kosong, disebut nol.

Marilah kita mengeja (menyebut) nomor Hp (Handphone) ini: 081339004021. Ada dua kemungkinan Anda atau orang lain mengeja nomor Hp tersebut. Kemungkinan pertama, Anda mengejanya (dieja per tiga angka): /nol delapan satu, tiga tiga sembilan, nol nol empat, nol dua satu/. Kemungkinan kedua, Anda mengejanya: /kosong delapan satu, tiga tiga sembilan, kosong kosong empat, kosong dua satu/. Mana yang benar, nol atau kosong?

Pada waktu membaca artikel opini ini, coba secara iseng Anda meminta nomor Hp teman yang ada di dekat Anda. Ada dua kemungkinan yang Anda dengar, teman Anda menyebut nol atau kosong pada nomor Hp-nya. Pada waktu Anda mengisi pulsa Hp di kios atau toko penjual pulsa, Anda menyebut nomor Hp Anda, mungkin Anda menyebut dengan nol mungkin pula kosong. Penjual pulsa bisa saja menyebut nomor Hp Anda dengan nol atau kosong. Mana yang benar, nol atau kosong?

Contoh lain lagi. Pada waktu Anda menonton pertandingan sepak bola, di TVOne, misalnya, presenter dan komentator sering bergantian menyebut nol dan kosong untuk skor klub yang kalah kalau terjadi pencetakan gol dalam pertandingan sepak bola tersebut. Perihal istilah sepak bola ini ada sedikit catatan. Kita di Flores biasa menyebut bola kaki, bukan sepak bola. Menurut saya, bentuk bola kaki lebih rasional dibandingkan dengan sepak bola, karena memiliki bentuk sejajar (paralel) dengan jenis olahraga yang lain, seperti bola voli, bola kasti, dan bola basket.

Mari kita lanjutkan menonton pertandingan bola kaki. Coba Anda simak presenter bola kaki yang piawai di TVOne, yakni Putri Viola. Warna suara dan penampilannya yang menawan  menjadi sedikit terganggu tatkala ia menyebut nol dan kosong secara tidak konsisten. Syukur, pada akhir-akhir ini Putri Viola mulai konsisten menyebut nol, bukan lagi kosong. Dua komentator bola kaki yang juga piawai, yakni Muhamad Isnaeni dan Tomy Wely (Towel), pada akhir-akhir ini juga sudah konsisten menyebut nol, bukan lagi kosong. Mana yang benar, nol atau kosong?

Jawabannya, bentuk yang benar pada contoh-contoh di atas adalah nol, bukang kosong. Nomor HP 081339004021 di atas dieja dengan benar adalah: /nol delapan satu, tiga tiga sembilan, nol nol empat, nol dua satu/. Pada waktu Persipura (Jayapura) memenangkan pertandingan melawan Persewa (Wamena) di Malang pada Rabu sore, 19 Desember 2012, yang disiarkan secara langsung oleh TVOne, dengan skor 3-0, maka kemenangan Persipura adalah: /tiga nol/, bukan /tiga kosong/. Atau /nol tiga/, bukan /kosong tiga/ untuk Persewa.

Pada dasarnya, nol dan kosong adalah dua entitas yang berbeda. Nol adalah bilangan dalam ilmu matematika, sedangkan kosong adalah suatu keadaan atau sifat. Bandingkan himpunan nol dan himpunan kosong. Himpunan nol dilambangkan dengan {0} yang berarti himpunan ini mempunyai satu anggota, yakni nol, sedangkan himpunan kosong dilambangkan dengan {} yang berarti himpunan ini tidak ada anggotanya.

Nol dan kosong tidak bisa ditukar pemakaiannya. Misalnya, tas kosong tidak bisa sama dengan tas nol, kamar kosong tidak bisa sama dengan kamar nol. Sekali lagi, nol dan kosong dua entitas yang berbeda.

Dalam sejumlah literatur, bilangan nol ditemukan oleh seorang ilmuwan muslim yang bernama Al-Khawarizmi untuk melengkapai bilangan (angka) Arab yang sudah ada sebelumnya, yang terdiri atas 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9. Penemuan bilangan nol oleh Al-Khawarizmi sungguh mencengangkan,  sebab tanpa angka nol semua angka Arab 1-9 menjadi tidak jelas dan kacau-balau. Tidak akan ada bilangan ganjil dan bilangan genap dalam perhitungan kita setelah angka 9, jika tidak ada angka nol.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 2001, halaman 597) kata kosong diartikan sebagai: tidak berisi, tidak berpenghuni, hampa, berongga, tidak mengandung arti. Tidak ada satupun pengertian kata kosong dalam KBBI yang merujuk pada penyebutan angka atau bilangan.

Dalam bahasa Inggris, angka nol (lambang 0) dilafalkan dengan zero yang artinya nol. Berbeda dengan empty yang artinya kosong. Dalam KBBI juga (2001, halaman 785) kata nol diartikan sebagai “bilangan yang dilambangkan dengan angka 0.” Kata nol inilah yang tepat kita pakai untuk menyebut angka dalam nomor HP atau skor pertandingan bola kaki. *
 

Oleh Yohanes Sehandi
Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Ende

(Telah dimuat harian Flores Pos (Ende) pada 22 Desember 2012)



1 comment for "Antara Nol dan Kosong"

  1. Saya masih ingat ketika kami masih kuliah dulu, Bapa Yan pernah menjelaskan ke kami tentang perbedaan antara nol dan kosong, dan sejak saat itu sampai sekarang saya bisa mebedakan antara nol dan kosong..

    ReplyDelete