Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Rubrik "Suara Uniflor" di Harian "Flores Pos"

Pada hari ini, Sabtu, 17 Maret 2012, rubrik “Suara Uniflor” tampil untuk pertama kali di harian Flores Pos, harian kebanggaan kita. Inilah rubrik milik Universitas Flores (Uniflor) sebagai bentuk kerja sama antara Yayasan Perguruan Tinggi Flores (Yapertif) yang menaungi Uniflor dengan harian Flores Pos. “Suara Uniflor” akan tampil setiap minggu pada hari Sabtu.

Rubrik ini akan menampilkan kekhasannya sendiri berupa (1) sebuah artikel opini yang pendek, padat, bernas, dengan gaya penyajian yang lincah, cerdas, dan  memikat, (2)  berita teks dan berita gambar (foto) yang berisi informasi dan peristiwa penting di Uniflor dan berbagai kegiatan sivitas akademika Uniflor yang layak dikonsumsi publik. Artikel opini diisi oleh para dosen, sedangkan berita teks dan berita gambar (foto) diisi oleh para dosen, karyawan, dan mahasiswa di lingkungan Uniflor. Semua materi yang tampil dalam rubrik ini dikelola dalam koordinasi Lembaga Publikasi Uniflor sebagai pelaksana program kerja sama ini.

Rubrik “Suara Uniflor” ini kiranya bisa menjadi semacam “jendela” bagi sivitas akademika Uniflor dalam menyapa masyarakat luas (publik) sekaligus menyebarluaskan  informasi dan ilmu pengetahuan kepada masyarakat umum sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat. Sebaliknya, bagi masyarakat luas (publik) rubrik ini bisa menjadi “jendela” pula untuk menengok dan mencermati hal-hal penting yang terjadi di Uniflor dan berbagai aktivitas akademik (Tri Darma Perguruan Tinggi) di Uniflor sebagai lembaga pendidikan tinggi di daerah ini dengan jumlah mahasiswa yang lebih dari 8.000 orang.

Sebelum “Suara Uniflor” ini muncul di Flores Pos, “jendela” lain yang sudah lama dibuka Uniflor untuk masyarakat luas adalah program “Universitaria,” yakni bentuk kerja sama antara Yapertif dengan RRI (Radio Republik Indonesia) Ende, yang mengudara pada setiap hari Rabu, pukul 16.00-17.00. Program “Universitaria” ini sudah berlangsung beberapa tahun terakhir ini, dengan menampilkan para dosen dan mahasiswa dari Uniflor sebagai narasumber dalam dialog interaktif dengan masyarakat luas sebagai pendengar. Gagasan cerdas dan orisinal dari para dosen dan mahasiswa Uniflor muncul dalam program ini sebagai salah satu bentuk partisipasi dalam membangun daerah, bangsa, dan negara dari sudut pandang akademisi.

“Jendela” lain yang sedang dirancang dan akan segera dibuka di Uniflor adalah media online di internet dengan nama “Jurnal Online Uniflor.” Media online ini merupakan sarana sangat strategis untuk menampilkan berita-berita dan tulisan-tulisan para dosen dan mahasiswa yang pantas dan layak dibaca dan diketahui oleh siapa saja di seantero dunia ini. Media online ini dibuka juga dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Dirjen Dikti yang mengharuskan mahasiswa Program Sarjana (S1) untuk mempublikasikan karya tulisan ilmiah sebelum diwisuda, baik melalui jurnal ilmiah tercetak maupun jurnal online di internet.

Satu lagi “jendela” yang strategis di Uniflor, yang meskipun telantar tetapi perlu segera dibenahi, adalah berkala ilmiah. Berkala ilmiah (istilah resmi Kemendiknas) adalah penerbitan ilmiah di perguruan tinggi yang jenisnya adalah jurnal ilmiah dan majalah ilmiah. Berkala ilmiah ini, sebagaimana halnya dengan kampus-kampus lain di Indonesia, kondisinya mirip kerakap yang tumbuh di cela-cela batu, hidup enggan mati tak mau.

Di Uniflor, berkala ilmiah tingkat universitas sudah ada sejak Maret 2001 dengan nama Majalah Ilmiah Universitas Flores, terbit dua kali setahun, Maret dan September. Pada Maret 2009 namanya berubah menjadi Majalah Ilmiah Indikator. Beberapa tahun terakhir berkala ilmiah ini mulai dibenahi pengelolaannya dan kini terbit secara berkala oleh Lembaga Publikasi Uniflor, pada bulan Maret dan September. Untuk edisi Maret 2012 ini Majalah Ilmiah Indikator sedang dalam proses pencetakannya di Percetakan Uniflor.

Di setiap Fakultas di Uniflor sudah ada berkala ilmiah, tinggal dibenahi secara serius lagi pada masa mendatang guna menindaklanjuti Surat Edaran Dirjen Dikti yang mengharuskan mahasiswa program Sarjana (S1) untuk mempublikasikan karya tulis ilmiah lewat jurnal ilmiah sebelum diwisuda, baik lewat jurnal tercetak maupun jurnal online.

Sejumlah berkala ilmiah di Uniflor yang ada dan perlu dibenahi  adalah (1) Jurnal Profil (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), (2) Jurnal Analisis (Fakultas Ekonomi), (3) Jurnal Teknosiar (Fakultas Teknik), (4) Jurnal Agrica (Fakultas Pertanian), (5) Jurnal Bahasa dan Sastra (Fakultas Bahasa dan Sastra), (6) Jurnal Lex Reformanda (Fakultas Hukum).  

“Jendela-jendela” Uniflor yang sudah dibuka dan yang akan dibuka, sebagaimana disebutkan di atas adalah upaya dan langkah strategis Uniflor untuk menyapa, menyebarluaskan  informasi dan ilmu pengetahuan kepada masyarakat luas sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat. Sebaliknya, jendela-jendela itu dapat pula menjadi sarana bagi masyarakat luas untuk menengok dan mencermati hal-hal penting yang terjadi di Uniflor dan berbagai aktivitas  akademik (Tri Darma Perguruan Tinggi) yang dilakukan sivitas akademika di Uniflor sebagai lembaga pendidikan tinggi, dalam pengabdiannya untuk kepentingan masyarakat, daerah, bangsa, dan negara. 

Rubrik “Suara Uniflor” yang ada di hadapan Anda ini adalah salah satu jendela yang kini dibuka untuk masyakat umum lewat harian Flores Pos. Semoga rubrik ini membawa manfaat bagi siapa saja,  baik bagi kalangan sivitas akademika di Uniflor maupun bagi masyarakat luas pada umumnya. * 
 
Oleh Yohanes Sehandi 
Kepala Lembaga Publikasi Universitas Flores, Ende 
 
(Telah dimuat harian Flores Pos, terbitan Ende, pada 17 Maret 2012) 

















Post a Comment for "Inilah Rubrik "Suara Uniflor" di Harian "Flores Pos""