Sabtu, 14 Juli 2012

BEDAH DAN DISKUSI BUKU DI UNIVERSITAS FLORES



Ada nuansa ilmiah yang khusus dan unik pada setiap hari Sabtu dalam dua minggu terakhir di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), FKIP, Uniflor. Nuansa ilmiah berupa bedah dan diskusi buku, bertempat di Aula Kampus 2, FKIP Uniflor. Kegiatan ini dikoordinasi Sr. Wilda Wisang, CIJ, Sekretaris Prodi PBSI, sedangkan kepanitiaan ditangani penuh oleh para mahasiswa PBSI. Ketua Panitia, Adven S. Menzen, Sekretaris, Polykarpus E. Mbu. Diskusi berlangsung pukul 08.00-13.00. Peserta diskusi sebagian besar  mahasiswa dan dosen PBSI, pengamat dari luar PBSI, dan sejumlah wartawan.
Sabtu lalu (23/6/2012) bedah dan diskusi buku Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa karya dosen PBSI yang juga Ketua Prodi PBSI, Alexander Bala Gawen. Buku ini diterbitkan Penerbit Nusa Indah, Ende, tahun 2012, tebal 148 halaman. Editor buku Sinta Wardani.  Moderator diskusi, Libertus Demu.
Ada enam pembicara tampil membahas buku ini, yakni (1) Alexander Bala Gawen (penulis buku) dengan judul materi “Pemerolehan versus Pembelajaran Bahasa, Menjaga Identitas Kita,” (2) Pius Pampe (Pembahas Utama, Dosen) dengan judul “Bahasa dan Manusia,” (3) Sinta Wardani (Pembahas I, Dosen) dengan materi “Menggagas Bahasa, Menggagas Kemanusiaan,” (4) Veronika Genua (Pembahas II, Dosen) dengan materi “Strategi Pembelajaran Bahasa,” (5) Yosef Pius Marianus Beoang (Pembahas III, Mahasiswa) dengan materi “Pemerolehan Bahasa,” (6) Elisabeth Valeria Puty (Pembahas IV, Mahasiswa) dengan materi “Tahap Perkembangan Bahasa.” 
Sabtu hari ini (30/6/2012) bedah dan diskusi buku Mengenal Sastra dan Sastrawan NTT karya dosen PBSI, Yohanes Sehandi. Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, tahun 2012, tebal 130 halaman. Editor buku Yoseph Yapi Taum. Yang menjadi moderator diskusi, Kristin Embu dan Andi Ratna.
Ada delapan pembicara yang tampil membahas buku ini, yakni (1) Yohanes Sehandi (penulis buku) dengan judul materi “Optimisme Sastra,” (2) M.M. Bali Larasati (Pembahas Utama, Dosen) dengan materi “Sastra dan Dunianya,” (3) Theo Uheng (Pembahas I, Dosen) dengan materi “Sastrawan NTT, Siapakah Engkau,” (4) Alexander Bala Gawen (Pembahas II, Dosen) dengan materi “Sastra NTT: Keterjalinan Teks dan Konteks,” (5) Sr. Wilda Wisang, CIJ (Pembahas III, Dosen) dengan materi “Problematika Sastra,” (6) Rofinus Sawa (Pembahas IV, Mahasiswa) dengan materi “Peran Sastra bagi Kehidupan,” (7) Sarifa Tayi (Pembahas V, Mahasiswa) dengan materi “Sastra dan Realitas Pendidikan,” (8) Yeni Kanisius (Pembahas VI, Mahasiswa) dengan materi “Sastra di Mata Kaum Muda.”
Baik buku Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa maupun buku Mengenal Sastra dan Sastrawan NTT dapat diperoleh di Penerbit dan Toko Buku Nusa Indah, Ende, dan cabang-cabangnya di sejumlah kota di Flores, atau di Toko Buku Gramedia Maumere dan Gramedia Kupang. (ani). (Telah dimuat harian Flores Pos (Ende) pada 30 Juni 2012).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar